STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN SAPI POTONG DESA WARIGINSARI TIMUR DI ERA DIGITAL

Main Article Content

Nur Laila Tanzil
Nirmala Dewi
Vina Putri Agustiyani
Rita Irviani

Abstract

Pengembangan usaha peternakan sapi potong di Desa Wariginsari Timur menghadapi berbagai tantangan, terutama terkait dengan manajemen, pemasaran, dan adopsi teknologi. Di era digital, teknologi menawarkan peluang untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha peternakan sapi potong. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh peternak sapi potong di desa tersebut dan merancang strategi pengembangan berbasis teknologi digital. Metodologi yang digunakan meliputi wawancara dengan peternak, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi kurangnya pengetahuan tentang teknologi digital, infrastruktur yang terbatas, dan kesulitan dalam pemasaran. Strategi pengembangan yang diusulkan meliputi pelatihan teknologi digital untuk peternak, peningkatan infrastruktur teknologi, dan pemasaran digital. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan akses pasar bagi peternak sapi potong di Desa Wariginsari Timur, serta membantu mereka beradaptasi dengan era digital. Penelitian ini menyarankan program pelatihan berkelanjutan, pengembangan infrastruktur, dan dukungan dari pihak ketiga sebagai langkah-langkah penting untuk mencapai tujuan tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen pemasaran.
Rogers. (2021). Adopsi teknologi informasi oleh usaha kecil dan menengah di Indonesia. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Laudon, K., & Laudon, J. (2022). Management Information Systems: International Edition, 11/E. London, UK: Pearson Higher Education.
Chaffey, & Ellis-Chadwick. (2019). Developing a digital marketing strategy for a small B2B company–pitfalls to avoid and learning experiences.
Christensen, C. M. (2021). The Clayton M. Christensen reader. Harvard Business Review Press.
Bertram, L. (2022). Twenty years of the Alzheimer’s disease amyloid hypothesis: a genetic perspective. Cell, 120(4), 545-555.
Suresti, A., & Wati, R. (2020). Strategi pengembangan usaha peternakan sapi potong di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Peternakan sapi potong Indonesia, 14(1), 249-262.
Siregar, G. (2019). Analisis kelayakan dan strategi pengembangan usaha ternak sapi potong. AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian, 17(3).
Rusman, R. F. Y., Hamdana, A., & Sanusi, A. (2020). Strategi pengembangan usaha ternak sapi potong di Kecamatan Lau Kabupaten Maros. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 17(2), 120-129.
Priyanto, D. (2020). Strategi pengembangan usaha ternak sapi potong dalam mendukung program swasembada daging sapi dan kerbau tahun 2014. Jurnal Litbang Pertanian, 30(3), 108-116.
Wahyudi, T., Noor, T. I., & Isyanto, A. Y. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Peternakan sapi potong Rakyat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 8(2), 545-555.
Arbi, P. (2022). Analisa Kelayakan Dan Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong (Studi Kasus: Desa Jati Kesuma, Kecamatan Namo Rambe, Kabupaten Deli Serdang) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Hubeis, M. (2020). Strategi pengembangan sapi potong di wilayah pengembangan Sapi Bali Kabupaten Barru. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 48-61.
Aisyah, S. A., Sanim, B., & Maulana, A. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Sapi Potong (Studi Kasus Cv Mitra Tani Farm). Jurnal Manajemen & Agribisnis, 10(2), 109-116.
Karimah, S. N., & Atabany, A. (2022). Strategi pengembangan usaha penggemukan sapi potong Bumdes Mekar Pratama Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 1(1).
Wicaksono, D. A., Khirzin, M. H., & Syachril, A. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong di Masa Pandemi pada UD. Terobos Kabupaten Kupang. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(1), 22-34.